JA slide show
 

Quote of the day

Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci untuk sukses. Jika Anda mencintai yang Anda kerjakan, Anda akan sukses.

Albert Schweitzer (1875-1965)

Information

E-mail Print PDF

Melakukan Panggilan Telepon dengan Pikiran

Jakarta - Pikirkan saja nomor telepon yang dipanggil, dan Anda langsung terhubung ke nomor tersebut. Ini bukan adegan dalam pertunjukan seorang ilusionist, melainkan sungguh terjadi berkat sebuah penemuan terbaru.

Sekelompok ilmuwan di University of California, San Diego, Amerika Serikat (AS) mengembangkan sebuah sistem yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon hanya dengan memikirkannya.

Sebagai penemuan baru, metode ini diklaim cukup akurat. Para pengembangnya optimistis, temuan ini bisa sangat bermanfaat bagi orang cacat atau siapa saja yang memerlukan fungsi hands-free lebih.

Tzyy-Ping yang mengepalai penelitian ini, menjelaskan bahwa sistem yang dikembangkannya bersama timnya, melacak aktivitas elektrik pada otak dengan alat berupa ikat kepala khusus yang dilengkapi elektroda dan Bluetooth.

Dilansir Mashable dan dikutip detikINET, Rabu (13/4/2011), pengguna yang menggunakan ikat kepala yang terhubung dengan komputer ini akan diperlihatkan sederet angka dari 0 sampai 9 pada layar.

Setiap digit yang dipikirkan akan berkedip dan terdeteksi oleh elektroda. Selanjutnya, Bluetooth akan mengetahuinya sebagai nomor yang akan dihubungi dan meneruskannya ke ponsel untuk melakukan panggilan. "Tingkat akurasinya sudah mencapai 70 hingga 85 persen," klaim Ping.

Bagaimana pun, temuan ini masih berupa prototype dan perlu pengembangan lebih lanjut. Namun setidaknya, ini memperlihatkan potensi pengembangan perangkat dengan interface berbasis pikiran kian berkembang. Seperti diketahui, sudah ada pula penemuan komputer dan kursi roda yang dioperasikan dengan pikiran.

Sumber : DetikInet

Last Updated ( Wednesday, 13 April 2011 12:34 )  

World Time


You are here: Home