JA slide show
 

Quote of the day

Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci untuk sukses. Jika Anda mencintai yang Anda kerjakan, Anda akan sukses.

Albert Schweitzer (1875-1965)

Information

E-mail Print PDF

Alcatel-Lucent Hantarkan Data 3 Tbps dalam Kapal Selam

kapal selam

JAKARTA - Pada SubOptic Tradeshow di Yokohama Jepang, Apollo dan Alcatel-Lucent berhasil mendemonstrasikan transmisi data sekitar tiga terabits per detik (Tbit/s), berdasarkan pada kanal-kanal 40Gbit/s, per pasang serat dalam jaringan kapal selam.

Dengan menggunakan teknologi canggih Alcatel-Lucent, tes ini dilakukan terhadap sistem kabel bagian utara milik Apollo yang menghubungkan Amerika Serikat dan Inggris, yang berjarak 6.221 km, dan hampir empat kali lipat dari kapasitas desain awal (72 kanal pada 40GB/s, semua tanpa kesalahan). Tes ini untuk pertama kalinya menunjukkan peningkatan dua kali kapasitas pada sistem yang sedang bekerja dibandingkan dengan kapasitas maksimum yang dapat dicapai berdasarkan pada kanal-kanal 10Gbit/s.

 



"Upgrade kapasitas jaringan bawah laut menggunakan serat yang ada adalah sangat penting bagi para operator karena jaringan yang ada sudah mendekati kapasitas penuh dan karena jaringan terestrial sudah mulai mendukung 40Gbit/s. Kedua faktor ini menentukan kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bawah laut, penyampaian lalu lintas yang mulus untuk tetap menjaga efisiensi pada level tertinggi dari awal hingga akhir," kata Richard Elliott, Managing Director Apollo, melalui keterangan resminya, Kamis (20/5/2010).

"Demonstrasi dari teknologi 40 Gbit/s atas sistem Apollo adalah berita bagus bagi para pelanggan kami. Kami telah menunjukkan bahwa Apollo dapat mendukung tipe antarmuka dan volume kapasitas yang dibutuhkan oleh para pengguna kami di masa mendatang," lanjut Elliott.

"Alcatel-Lucent telah menyebarkan jaringan kapal selam ber‘40Gbit/s’ selama beberapa tahun terakhir ini, untuk mengantisipasi tren pasar yang sekarang sedang berkonsolidasi sementara para operator sedang mengeksplorasi teknologi canggih untuk me-migrasi jaringan mereka untuk pengoptimalan pengiriman layanan. Dengan tes ini kita membuat sebuah langkah maju lagi dalam mewujudkan 40Gbit/s,” ujar Philippe Dumont, kepala aktifitas jaringan kapal selam Alcatel-Lucent.

"Dengan mendukung baik sinyal 10Gbit/s maupun 40Gbit/s, solusi kami memungkinkan migrasi yang hemat biaya tanpa rekayasa ulang jaringan, sambil memaksimalkan penggunaan asset-aset yang ada," tambah Dumont.

Untuk percobaan ini, terminal jajaran kapal selam Light Manager 1620 menggunakan format modulasi berbasis phase shift keying (PSK) dengan deteksi koheren generasi berikut, pada kanal-kanal yang kelebihan muatan dengan bekerjanya 72 kanal 40 Gbit/s. Pemrosesan sinyal yang terkait dengan teknologi yang koheren akan memungkinkan para operator untuk mengatasi gangguan transmisi secara hemat biaya dan otomatis, dan juga memungkinkan penyesuaian kinerja melalui kehidupan sistem. Fleksibilitas dalam penerapan format modulasi yang berbeda ini memungkinkan Alcatel-Lucent untuk menawarkan pilihan teknologi terbaik bagi para penyedia layanan untuk penyebaran baru dan untuk jaringan yang sudah ada yang perlu bermigrasi ke kapasitas yang lebih tinggi tanpa dampak apapun pada lalu lintas yang ada dan operasi-operasi jaringan.

Apollo sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris yang memiliki dan mengoperasikan salah satu sistem kabel optik fiber transatlantik yang paling canggih di dunia saat ini. (srn)
Sumber : www.okezone.com

 

Last Updated ( Monday, 16 January 2012 02:15 )  

World Time


You are here: Home